Kamis, 04 Februari 2016

Fenomena Buruh, kebijakan Negara, dan Nasionalisme Dalam Dunia Bisnis

Beberapa hari ke depan akan ada unjuk rasa besar-besaran para buruh yang katanya berjumlah 20.000 orang dengan maksud menolak PHK. Ini jelas permintaan gila dan tidak masuk akal. Kalau pabrik bangkrut mana nisa tolak PHK? Mau digaji pakai apa? Tu organisasi buruh sebagai provokator kalian yang harusnya menggaji kalian para buruh yang terhormat.  

Selain kisah di atas ada hengkangnya Ford Indonesia, toshiba, dan menurut isu juga disusul panasonic walau sudah dibantah oleh teman saya yang kebetulan bekerja di panasonic. Ya ini beberapa kejadian yamg tidak bisa dipungkiri bahwa akan terjadi penambahan pengangguran. Ford dan toshiba sudah menyedot banyak tenaga kerja yang siap dikorbankan atas fenomena yang sedang terjadi. Ada pekerjaan rumah bagi pemerintah tentunya untuk menghadapi pengangguran yang meningkat di depan mata. 

Kondisi perekonomian dunia yang kurang kondusif, ulah para buruh yang diprovokasi organisasi buruh, dan kebijakan perundang-undangan menjadi sebab sempurna menyambut kegagalan perekonomian nasional bila tidak segera disikapi dengan cepat. Tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas anggaran Negara ini tersedot di pembangunan infrastruktur yang jauh tertinggal dari banyak Negara. Sepertinya pemerintah akan kesulitan membuat kebijakan atau proyek dengan tujuan menciptakan lapangan pekerjaan yang banyak dan cepat. Ya anggap aja kondisi yang harus dilalui, setelah 10 tahun lalu tidak ada perkembangan infrastruktur yang baik guna menyambut MEA dan menarik investor serta meningkatkan ekonomi nasional.

Kondisi perekonomian dunia yang lagi kurang kondusif memang tidak bisa kita tolak, karena ini adalah akibat dari banyak kejadian di dunia yang memang Indonesia tidak punya hak dan wewenang dalam mengatasinya. Ya kondisi yang pasti berimbas kurang baik bagi Indonesia apalagi anggaran Negara tersedot banyak di infrastruktur,  jadi Negara akan sedikit sulit mengambil keputusan dalam jangka pendek. Ini yang harus kita waspadai agar tetap bertahan dalam krisis yang ada di depan mata. Semoga pemerintah bisa mengambil tindakan yang tepat guna menangani hal ini dan tetap membuat kondisi kondusif sehingga tidak membuat kuatir investor.

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah tuntutan buruh yang sudah sangat tidak wajar pada demo beberapa waktu kemarin. Tunjanga cicilan motor, kunjunganke universal studio di Singapore,  dan masih banyak tuntutan lainnya selain UMR yang juga tinggi. Tentunya permintaan yang tidak masuk akal tersebut pasti akan ditolak mentah-mentah oleh pengusaha ataupun Investor. Untunganya pemerintah masih baik menjadi penengah yang akhirnya bisa diterima walau agak terpaksa. Hal yang mungkin tidak pernah dipikirkan buruh pada saat demo adalah "berapa kerugian perusahaan dalam 1 hari demo yang menyebabkan perusahaan berhenti produksi"? Saya yakin buruh tidak berpikir ke arah sana, kalau berpikir pasti tidak akan mudah diprovokasi oleh organisasi buruh macam spsi yang jelas motifnya adalah menggoyang perekonomian nasional lewat buruh untuk menyambut MEA tahun 2016. KMP sangat paham akan hal ini dan ini yang dimanfaatkan untuk menggoyang pemerintah yang ada.

Sampai pada tahun ini dimulainya kebijakan bersama negara di ASEAN yang tertuang dalam MEA membuat pengusaha melirik menarik tenaga buruh dari negara tetangga macam vietnam, filipina, laos, dan kamboja yang pasti gajinya relatif lebih murah dan kualitas yang mungkin  masih di atas buruh lokal. Ya berlakunya MEA tidak bisa ditolak bahwa tenaga kerja di semua negara ASEAN bisa bersaing dan mendapatkan pekerjaan di mana saja selama masih dalam luang lingkup ASEAN. Dan kualitas terhadap kinerja akan menjadi tolak ukur dalam menentukan siapa yang "layak" beradaada posisi yang ada dalam suatu perusahaan.

Minggu lalu saya bertemu dengan teman yang bercerita akan masuknya 2.000 buruh dari vietnam di salah satu kota di jawa timur dengan gaji di bawah UMR kota tersebut.  Bahkan perusahaan besar di mana dia bekerja akan memecat sekitar 4.000 orang yang sedang digodok oleh manajemen perusahaan yang bersangkutan guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas. Dan bisa saja diganti dengan teknologi mesin yang lebih menguntungkan dari sisi efisiensi dalam jangka panjang. Ya semua kemungkinan akan terjadi dalam MEA. Tergantung kita siap atau tidak menghadapi fenomena baru yang sudah di depan mata ini.

Hal terakhir adalah masalah perundang-undangan di bangsa ini yang belum siap menghadapi MEA. Dari yang saya dengar dalam pembicaraan dengan teman tentang buruh dari vietnam adalah gaji di bawah UMR bersih tanpa BPJS dan tanpa pajak. Jadi perusahaan bisa menghemat banyak pembiayaan yang ada. Belum lagi masalah pajak di Indonesia yang relatif tinggi sehingga mulai banyak perusahaan mengalihkan produksinya di negara tetangga yang lebih murah. Masalah birokrasi yang tidak rumit juga menjadi pertimbangan dalam pemikiran investor.

MEA sudah menghapus basic tax menjadi 0% sehingga nanti banyak perusahaan otomotif dan juga elektronik lainnya akan membanjiri Indonesia sebagai ladang pasar konsumtif bukan ladang produksi. Otomotif misalnya yang mengenakan tax perakitan 40% bila tidak menggunakan produk dalam negeri. Hal macam ini yang membuat investor resah dan mending kabur ke negara tetangga untuk menghemat biaya dan itu rasional banget. Namanya usaha pasti akan mengejar keuntungan sebesar mungkin dan menekan biaya seefisien mungkin.

Tentunya harapan perubahan kebijakan akan segera diatasi dengan kolaborasi yang apik antara pemerintah dengan dpr yang walau sejujurnya saya ragu dpr sanggup. 1 tahun berlalu saja cuman bisa menghasilkan 2 UU yang notabene sebuah prestasi basi dari yang katanya wakil rakyat.

DUA HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN ADALAB MASALAH BURUH DENGAN ORGANISASI BASINYA DAN MASALAH PERUNDANG-UNDANGAN MENJADI TUGAS SERIUS. KARENA KONDISI SEKARANG KINERJA MENJADI POIN PENTING DALAM BEKERJA, JANGAN JUAL RASA NASIONALISME PALSU DALAM DUNIA PEKERJAAN. SEHARUSNYA NASIONALISME DAN KINERJA BERBANDING LURUS. MALULAH PADA PARA PAHLAWAN YANG SUDAH MENDAHULUI KITA BILA KITA HANYA BISA TERIAK NASIONALISME TANPA KINERJA YANG MUMPUNI, KARENA NASIONALISME TANPA KINERJA ADALAH OMONG KOSONG BELAKA. SAMA HALNYA KITA ME GAKU BERAGAMA TAPI JADI PEMBUNUH. JUALNYA NASIONALISEM MENJADI SATU PAKET DENGAN KINERJA DAN KUALITAS.



Salam nasionalisme dan God bless Indonesia.
Laskar Banyuwangi. 

Tidak ada komentar: