Jumat, 18 Februari 2011

Dunia lagi krisis pemimpin


Keberadaan pemimpin di suatu instansi pemerintahan ataupun organisasi lain sangatlah penting. Ketidakadaan pemimpin akan membuat segalanya menjadi kacau dan tidak terkendali dengan baik. Dari jaman penciptaan sampai sekarang Tuhan sendiri selalu menunjuk seorang pemimpin untuk suatu kerajaan ataupun hal yang mempunyai hubungan dengan orang banyak. Dari suku Israel pun Tuhan selalu menunjuk seorang pemimpin.

Suatu Negara, Kerajaan, organisasi, ataupun bidang usaha, tanpa dipimpin oleh seorang pemimpin akan mengalami suatu kekacauan dan kan membawa ke pada suatu kehancuran. Pada prinsipnya, pemimpin memegang kendali akan keberhasilan atau kehancuran akan apa yang dipimpinnya. Pada jaman perjanjian lama maupun baru, Tuhan akan memilih seorang pemimpin dan mengganti pemimpin yang sudah tidak sejalan dengan apa yang Tuhan mau. Bagaimanapun seorang pemimpin ditakdirkan Tuhan untuk memgang suatu otoritas yang harus dia pertanggung jawabkan dihadapan Tuhan.

Bagaimana kondisi bumi saat ini? Apakah penduduk suatu negara di bumi ini puas akan kepemimpinan yang ada hari - har ini? Saya rasa tidak sama sekali. Kita lihat resolusi di Mesir, yang sekarang makin merebak ke arak Negara timur tengah lainnya. Hilangnya rasa percaya rakyat Indonesia akan pemerintah, dan demo besar - besaran di Yunani beberapa waktu lalu, dan yang terakhir adalah demo telanjang di Belgia sebagai upaya memprotes kebijakan pemerintah. Ini merupakan sebagian kecil contoh bahwa kepemimpinan hari-hari ini mengalami degradasi kualitas.

Sebagai seorang pemimpin kita harus punya sesuatu hal yang beda dan kualitas yang beda untuk membuktikan bawha kita adalah pemimpin yg berkualitas. Dengan menunjukkan kualitas kita, dunia akan melihat bawha kepemimpinan kita sangat berbeda dengan pemimpin yang ada sekarang ini. Bukankah takdir kita sebenarnya adalah pemimpin??Tuhan menjadikan kita Kepala dan bukan ekor dan Tuhan menyebut diri kita adalah raja dan Tuhan sendiri adalah Raja di atas segala raja. Bukankah pada saat penciptaanpun Tuhan menakdirkan kita untuk berkuasa atas bumi?jadi sekaranglah waktu kita untuk menunjukkan kualitas sebagai seorang pemimpin yang berbeda.

Beberapa karakter yang harus kita miliki untuk menjadi seorang pemimpin yang berkualitas adalah kita meneladani apa yang Yesus lakukan. Adapun karakter itu adalah sebagai berikut:
1. Melekat kepada Bapa
Inilah karakter pertama yang harus kita lakukan, karena bagaimanapun tanpa Tuhan kita adalah orang yang tidak berguna.

2. Berhati hamba
Berhati hamba bukan berarti kita bermental hamba atau budak. Bukankah Tuhan mengajarkan bahwa Dia datang untuk melayani bukan untuk dilayani?dengan Yesus melayani apakah Dia seorang hamba? Jawabnya sangat jelas bukan, bahkan Bapa memberi dia Nama diatas segala nama dan orang yang berkenan kepada Bapa.
PADA DASARNYA KEPEMIMPINAN ADALAH MELAYANI.

3. Berintegritas
Tidak ada kebohongan dalam diri Yesus sampai seorang pilatus tidak dapat menukan kebohongan dalam diriNya. Dia mengajarkan katak iya bila iya dan tidak bila tidak. Bahkan ahli tauratpun tidak dapat menemukan kesalahan dalam diriNya. ITULAH INTEGRITAS.
Yesus selalu melakukan apa yang Dia katakan dan menyelesikan semua tugas yang Dia terima dari Bapa, ITULAH INTEGRITAS.

4. Hikmat
Tanpa hikmat maka kita tidak bisa menjadi pemimpin yang berkualitas, karena dengan hikmat kita bisa mecari jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada. Hikmat itu sendiri akan muncul pada saat kita takut akan Tuhan, jadi cintailah Tuhan dan kejarlah hikmat yang dari Tuhan untuk dapat menjadi pemimpin.

5. Regenerasi
Regenarasi pemimpin juga hal yang penting untuk meneruskan apa yang telah kita perbuat, dengan keteladanan yang kita berikan. Tanpa adanya regenerasi maka setelah kita diberi suatu yang lebih besar lagi, maka kekosongan pemimpin terjadi lagi dan tidak mungkin akan diambil oleh orang yang kurang baik. Jadi regenerasikanpemimpin yang berkualitas. Pada dasarnya KESUKSESAN SEORANG PEMIMPIN ADALAH PEMIMPIN YANG DIA HASILKAN.

Jadi bila ada tawaran dan kesempatan yang ada, ambillah dan tunjukkan bahwa pemimpin-pemimpin Tuhan sangat beda dari yang dunia punya. Di bidang apapun yang menjadi panggilanmu buktikan bahwa kepemimpinan hamba jauh lebih hebat dari kepemimpinan manapun. Disemua pintu gerbang dibutuhkan pemimpin jadilah di pintu gerbang yang memang Tuhan sudah tempatkan kita untuk berada di sana.


Salam
OSS
Jesus love you

Tidak ada komentar: