Senin, 14 Februari 2011

wibawa seorang pemimpin



Pada dasarnya wibawa dari seorang pemimpin memang diperlukan. Pemimpin tanpa wibawa tidak akan bisa maksimal dalam menjalankan roda kepemimpinannya.
Wibawa sendiri tidak bisa di raih dengan mudah dan instant, kewibawaan yang sejati diperoleh dari sesuatu yg lama dan terus menerus.

Kewibawaan yang diperoleh dengan cara yang tidak benar, akan merugikan orang tersebut apabila cara yang dipakai telah terbongkar. Pencitraan atau apapun modelnya tidak akan bertahan lama bila tidak diikuti oleh sikap yang benar.

Adapun cara agar memperoleh karakter yang permanen adalah sebagai berikut:
1. Integritas
Seorang pemimpin haruslah orang yang berintegritas untuk bisa menumbukan karismanya. Integritas berarti bahwa apa yang kita katakan itulah yang kita lakukan. Tanpa adanya integritas, maka kewibawaan yang dibangun akan sia-sia, karena bagaimanapun perbuatan akan selalu terlihat dikemudian hari.

2. Dapat dipercaya
Seorang pemimpin pada dasarnya mengemban sutu tugas dan tanggung jawab yang telah dia terima sebelumnya. Apabila dia berhasil menjalankan tugas dan tanggung jawabnya maka dengan sendirinya kewibawaan akan timbul dengan sendirinya.

3. Kualitas hidup yang excellent
Kuliatas hidup akan menentukan apa yang akan kita perbuat di dalam kehidupan. Dengan orang lain melihat kualitas kita dalam setiap perbuatan kita, percayalah bahwa wibawa akan timbul dengan sendirinya.


Jadi wibawa akan muncul dengan sendirinya apabila kita mampu menampilkan kualitas KARAKTER kita kepada orang yang ada di bawah kita. Cara yang salah menumbuhkan wibawa akan membawa kita kepada kehancuran dikemudian hari.

Tidak ada komentar: