Rabu, 09 Maret 2011

Pemimpin Selalu Berbicara Fungsi dan Bukan Posisi

Sering kali kita mendengar kata "pemimpin" di manapun kita berada. Sering kali juga kita merasa puas, kecewa, cuek, dan menjadi musuh dari seorang pemimpin di lingkungan kita. Dan tidak jarang kursi sebagai seorang pemimpin diperebutkan oleh banyak pihak dan bahkan dengan cara yang tidak sehat dan memalukan. Dan sering kali juga cara memalukan itu disahkan oleh organisasinya karena faktor non teknis. Itulah kondisi tentang kepemimpinan akhir-akhir ini.

Dan hal yang paling unik adalah sementara orang berebut kekuasaan ada banyak orang dengan rela tidak menjabat sebagai pemimpin mestipun seharusnya dia layak dan terpilih dengan kata lain memang dia tidak mau jadi pemimpin. Suatu alasan yang ironis bila kita menolak menjadi pemimpin yang memang seharusnya kita layak memperolehnya. Dengan alasan non teknis dan berbagai macam alasan yang tidak bermutu, sering digunakan untuk menolak suatu jabatan yang seharusnya diembannya.

Menjadi seorang pemimpin pada dasarnya tidaklah mudah, itu karena beban dan tanggung jawab dia sudah dsia atas rata-rata orang lain di bawah dia. Bagaimanapun seorang pemimpin harus menjalankan fungsi dia sebagai pemimpin sdan tidak hanya memanfaatkan posisinya sebagai pemimpin untuk suatu hal tertentu.

Seorang pemimpin mempunyai fungsi sebagai berikut:
1. Menentukan arah
Seorang pemimpin harus bisa menentukan arah yang sdipimpinnya dengan kata lain harus seorang yg visioner. Tanpa visi yang jelas, maka sulit akan berkembang dan menghasilkan sesuatu yang berdampak.

2. Pengelola
Seorang pemimpin harus bisa mengelola apa yang dipimpinnya. Tanpa pengelolaan maka apa yang telah dsia bangun tidak akan bisa berjalan dengan baik dan bisa saja mengakibatkan kehancuran.

3. Pendamping
Seorang pemimpin harus bisa menjadi pendamping yang baik bagi orang-orang yang dia pimpin. Dengan dia menjadi pembimbing, maka orang-orang di bawahnya akan menjadi orang yang lebih kompeten dan bisa terus berkembang karena ada pendamping di sisinya. Dengan kata lain menjadi mentor.

4. Memberi teladan
Seorang pemimpin yang baik harus bisa memberi contah bagi orang-orang disekitarnya. Tanpa asa teladan maka orang si bawah kita akan merasa bingung dan bahkan bisa memberontak karena mereka merasa tidak mempunyai pemimpin.

5. Menghasilkan
Seorang pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang menghasilkan keuntungan bagi apa yang dipimpinnya. Keuntungan bisa saja materi tapi hal yang paling penting adalah dia harus bisa menciptakan pemimpin selanjutnya.

Jadi selama kita mampu dan merasa layak jangan pernah menolak menjadi pemimpin bila ada kesempatan. Semakin tinggi jabatan kita semkin luas kita mempengaruhi orang dan memberi dampak.

Oss
Gbu^^

Tidak ada komentar: