Minggu, 06 Maret 2011

Di mana gereja????

Gereja pada pada dasarnya adalah orang-orang dan bukan gedung. Matius 16:18 dalam kjv dijelaskan bahwa arti kata jemaat adalah gereja, dengan demikan gereja yang Tuhan maksud adalah jemaat itu sendiri dan dengan kata lain adalah orang-orang. Pada bahasa aslinya gereja diambil dari kata eklesia yang berarti "kempulan tua2 kota yang berdiri di depan pintu gerbang sebuah kota, untuk menentukan nasib sebuah kota" itu kata yang Tuhan ambil dr kata romawi.

Contoh nyata dari kesuksesan sebuah gereja adalah di manan para rasul, di mana mereka benar-benar menjadi berkat dan berdampak bagi sekeliling sehingga mereka di sukai banyak orang. Seharusnya gereja bisa seperti jaman para rasul yang di mana mereka bisa berdampak dan menjawab kebutuhan kota dan bangsa.

Dari jaman para rasul kita tengok sedikit keadaan gereja yang sudah bergeser dari fungsi sebenarnya, kebanyakan gereja lbh berfokus pada pembangunan gedung gereja, acara-acara tertentu dan hal yang paling kampungan adalah rebutan jemaat. Bagaimana kita bisa menjawab Negara kalau gereja hanya berfokus pada hal-hal yang tidak penting???

Saat ini negara kita dan bahkan dunia internasional membutuhkan dan menantikan anak-anak terang dinyatakan. Siapa anak-anak terang itu? Gereja tentunya. Sudahkah gereja siap menjawab kebutuhan itu??saya rasa tidak untuk beberapa waktu kedepan tanpa ada kesadaran dari gereja-gereja sendiri. Tanpa adanya perubahan ke fungsi sebenarnya dari Gereja, maka suatu revival akan sangat mustahil terjadi.

Pada dasarnya gereja harus memegang kendali sebuah kota maupun bangsa karena memang begitulah adanya manusia pada saat diciptakan. Kita diciptakan untuk memimpin dan mengelola bumi. Hancur tidaknya sebuat kota atau bangsa dipengaruhi oleh gereja, karena gereja adalh garam dan terang dunia.

Gereja seharusnya peka akan kondisi bangsa ini yang mempunyai masalah besar yaitu krisis pemimpin dan krisis moral. Itulah sebenarnya tugas gereja yang harus diperjuangkan untuk menjawab kebutuhan bangsa ini dan menjauhkan bagsa ini dari kehancuran. Tanpa bisa menjawab kebutuhan itu percayalah gereja hanya akan menjadi aksesoris saja dan tidak ada bedanya sebagai penghias suatu kota dan tanpa ada fungsi yang bisa dilakukan.

Tidak ada komentar: